Sudah cek info Mister THR Sriwedari Taman Hiburan Legendaris di Solo? Cari info wisata di Solo. Cari info Solo terbaru? Cek update Solo Info. Cek sekarang juga….

SoloInfo.id – Jalan Jalan Kemana ? Wisata favorit di Solo yuk. Jelajah wisata keren di Solo dan sekitar. Kamu penggemar wisata taman bermain di Solo Raya? Kamu harus simak info wisata solo ini..Ada update solo info hari ini, kamu tau Mister THR Sriwedari Taman Hiburan Legendaris di Solo….

THR SRIWEDARI
Kisah misteri taman kenangan yang tak terjamah

Dibangun pada tahun 1887 oleh Paku Buwono X sebagai taman hiburan. Dahulu taman ini juga disebut Bonrojo yang artinya Kebun Raja. Seiring berjalannya waktu, taman ini mengalami banyak perubahan dari taman satwanya yang dipindah dipindah ke Jurug, penambahan Museum Radya Pustaka hingga didapuk menjadi venue PON yang pertama kali, serta dibangunnya tempat hiburan keluarga pada tahun 1985 yang bernama Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari.

THR sendiri terdapat banyak sarana hiburan untuk berbagai umur. Dari wahana bermain anak seperti mobil senggol, mini coaster, rumah hantu sampai hiburan orang tua seperti panggung musik. Dahulu, banyak sekali biduan dangdut terkenal yang lahir dari panggung ini.

Taman yang dikelola keraton ini ternyata juga menyimpan banyak hal-hal mistis. Dari sajen yang wajib disajikan di tempat tertentu sampai kejadian aneh yang melegenda salah satunya yaitu sosok anak kecil berponi yang sering muncul di wahana mini coaster. Sosok anak kecil pucat ini konon katanya adalah arwah penasaran yang meninggal karena kecelakaan ketika hendak menuju tempat ini.

Ada sosok pria tua dan wanita tua yang konon katanya bisa berubah wujud menjadi apa saja. Mitosnya sosok ini adalah penunggu asli yang didapuk oleh keraton Solo untuk merawat dan melindungi taman ini. Bahkan ketika taman ini diratakan ada dua buah arca Dwarapala yang susah untuk dihancurkan. Beberapa mesin penghancur mengalami kerusakan yang tak masuk akal ketika berupaya menggempur patung ini sehingga diundanglah kerabat keraton untuk mengadakan upacara meminta sang penunggu pergi. Setelah upacara itu, sang patungpun langsung mudah untuk dirobohkan. Ada pula sosok pocong perot yang kadang menampakkan diri di rumah hantu. Pengunjung yang tidak tahu sering mengira pocong tersebut adalah bagian dari rumah hantu. Ketakutan muncul ketika pengunjung menceritakan kepada pengelola tentang penampakan yang dialaminya sedangkan dari pihak pengelola tidak membenarkan pocong misterius sebagai bagian dari wahana mereka.

Sekarang taman ini tinggal kenangan. Karena di tahun 2017 taman ini resmi ditutup

Mister THR Sriwedari Taman Hiburan Legendaris di Solo
( Source : from Instagram @misterisolo )

Repost from @misterisolo

Update Informasi di Solo: 17 Oktober 2020

Sumber : Informasi dari Instagram @soloinfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *