Sudah cek info Makna Filosofi Bijak Hanacaraka? Cari info pemerintah di Solo. Cari info Solo terbaru? Cek update Solo Info. Cek sekarang juga….

SoloInfo.id – Informasi Pubik dan Pemerintah di Kota Solo? Kamu harus simak informasi publik Kota solo ini..Dapatkan informasi Kota Surakarta terbaru di Solo Info. Dapatkan informasi terbaru Kota Surakarta dan sekitar. Ada update solo info hari ini, kamu sudah tau info Makna Filosofi Bijak Hanacaraka?

Pernahkah kamu tahu apa makna filosofi bijak yang terkandung di dalam aksara Jawa?

Aksara Jawa yang juga dikenal dengan Hanacaraka sebenarnya tak hanya sebatas huruf semata. Aksara yang terdiri dari 4 bait ini merupakan sebuah puisi yang memiliki makna mendalam di setiap baitnya. Mengajarkan tentang hubungan manusia dengan manusia (Hablum Minannas) dan manusia dengan Tuhan (Hablum Minallah), menggambarkan sebuah jalinan yang tak terputus hingga maut menjemput. 

Dibalik makna yang terkandung bait demi bait, Aji Saka, penguasa dari Kerajaan Medang Kamulan yang konon diceritakan sebagai pencetus aksara ini ingin mempersembahkan puisi ini kepada dua orang abdinya, Dora dan Sembada, yang setia dan amanah hingga keduanya meregang nyawa karena sama-sama menjaga kepercayaan tuannya. Cerita dibalik Hancaraka tentu memiliki makna mendalam dan mengandung pelajaran hidup yang baik untuk menapaki kehidupan khas orang Jawa.

Jadi, apa saja makna filosofi dibalik aksara Jawa Hanacaraka? Cek slide kedua dan seterusnya ya, kawan!

Source from: @pemkot_solo

Repost from @pemkot_solo

Update Informasi di Solo: Kamis, 7 April 2022

Sumber : Informasi dari Instagram @soloinfo

Solo Info / Informasi Kota Solo 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *