Sudah cek info Fakta Wayang Kulit Gaya Surakarta? Cari info pemerintah di Solo. Cari info Solo terbaru? Cek update Solo Info. Cek sekarang juga….

SoloInfo.id – Informasi Pubik dan Pemerintah di Kota Solo? Kamu harus simak informasi publik Kota solo ini..Dapatkan informasi Kota Surakarta terbaru di Solo Info. Dapatkan informasi terbaru Kota Surakarta dan sekitar. Ada update solo info hari ini, kamu sudah tau info Fakta Wayang Kulit Gaya Surakarta?

Wayang kulit sebagai salah satu warisan budaya yang sudah ada sejak dahulu kala tentu perlu dilestarikan keberadaannya. Kota Solo yang kental akan budaya Jawa tentunya memiliki hubungan yang erat dengan keberadaan wayang kulit ini. Dibalik kegagahannya di atas panggung tentu wayang kulit banyak menyimpan fakta menarik yang perlu kamu tahu apalagi keistimewaan yang dimiliki Wayang Gagrak atau Gaya Surakarta. 

Terus berkembang sesuai dengan kreativitas perajin menjadikan wayang kulit ini banyak memiliki keturunan dengan ciri khas yang disesuaikan dengan daerah asal pembuatnya. Kerajinan wayang yang terus dikembangkan ini merupakan salah satu upaya agar wayang kulit tidak terancam punah. Selain itu, upaya pelestarian juga dilakukan oleh Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) dengan mengadakan Kirab Jaga Wayang di Kota Solo yang dihadiri 200 pecinta dan pelestari wayang pada Selasa, 15 Maret 2022 lalu. Berjalan dari Museum Keris Solo menuju Museum Radya Pustaka, kirab tersebut mengarak tokoh pewayangan Semar berukuran 5 meter, gunungan, wayang kecil, dan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter. 

Belum lagi, pada pertemuan pertama Trade, Investment, and Industry Group (TIIWG) Presidensi G20 Indonesia di Kota Solo pada 29-31 Maret 2022 lalu, miniatur wayang karya seniman di Semanggi Solo, Margono atau yang lebih akrab disapa dengan Mas Gogon, dipilih menjadi salah satu souvenir yang dibagikan kepada peserta G20.

Wih, makin penasaran dong ya sama wayang kulit ini… kuy simak postingan ini biar kamu lebih tahu soal keistimewaan wayang kulit khususnya Wayang Gagrak Surakarta!

Source from: @pemkot_solo

Repost from @pemkot_solo

Update Informasi di Solo: Kamis, 14 April 2022

Sumber : Informasi dari Instagram @soloinfo

Solo Info / Informasi Kota Solo 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *